Faktanews1.com Sidrap -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidrap menggelar pelatihan musik tradisional di Aula Korwil II Kecamatan Dua Pitue, Kamis, 15 Desember 2022.


Kegiatan yang diikuti puluhan guru perwakilan sekolah dari 3 kecamatan, yakni Kecamatan Dua Pitue, Pitu Riawa dan Pitu Riase tersebut, dibuka oleh Sang Maestro Kecapi Bugis, H Damis Kattang D. 


Pelaksanaan pelatihan musik tradisional tersebut, mengusung tema "Palisui Sumange'na Budayae" melalui musik tradisonal yang artinya, kembalikan semangat budaya lokal melalui pelatihan musik tradisional tersebut


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap, Faizal Sehuddin S.STP., M.Adm.KP., mengapresiasi kegiatan yang terlaksana tersebut.


Faizal mengklaim, kegiatan itu sangat bermanfaat, terutama dalam upaya mengembalikan semangat budaya lokal seni musik tradional yang saat ini dirasakan mulai kendor.


"Bagi kami, ini harus terus dilestarikan. Budaya musik tradiosional bisa menjadi pintu masuk untuk mengembalikan budaya-budaya daerah agar tidak punah," sebut Faizal.


Satu lagi, kata Faizal, musik tradisional sangat penting diajarkan kepada anak-anak didik di sekolah, namun hal itu harus diawali oleh pengetahuan guru akan musik trasional


Pada kegiatan itu, peserta terpantau mengikuti pengenalan dan penguasaan alat musik tradisional, seperti lain kecapi, gendang, dan suling.(*)